Tentang Kami

Terune.id lahir dari kegelisahan. Kami merasa terusik ketika melihat anak-anak usia sekolah tidak mendapat pendidikan. Tidur kami tidak nyenyak menyaksikan massifnya pernikahan dini yang menyebabkan tingginya angka perceraian dan kemiskinan. Melebarnya kesenjangan di masyarakat sejalan dengan meningkatnya angka kriminalitas seperti, pencurian, perampokan, pemerkosaan, dan sederet tindak pidana lainnya.

Di samping itu, lapangan pekerjaan yang masih terbatas membuat masyarakat semakin tak berdaya, ditambah harga kebutuhan pokok yang kian melejit. Maka, tidaklah mengherankan jika kondisi ini memaksa masyarakat memilih menjadi TKI. Bekerja di tanah orang dirasa menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, karena di tanah sendiri tidak ada lagi yang bisa diharapkan. Maka jangan kaget ketika mendengar Provinsi NTB adalah penyumbang TKI terbesar nomor tiga di Indonesia.

Persoalan lain yang perlu mendapat sorotan adalah gaji para pegawai honorer yang masih jauh dari kata layak. Pengabdian yang mereka lakukan masih dipandang sebelah mata. Upah yang mereka terima hanya cukup untuk kebutuhan hidup beberapa hari, selebihnya mereka mencari cara sendiri untuk menyambung hidup. Narasi ini akan terus bertambah minor jika kita menyoroti kehidupan petani dan nelayan yang semakin jauh dari sejahtera.

Namun, Terune.id tidak hadir untuk protes. Kami tidak berniat menjadi penonton yang hanya bisa berpangku tangan sambil mencaci sana-sini. Sebaliknya, media ini muncul di hadapan pembaca untuk memberikan secuil pandangan dan masukan kepada semua pihak, terlebih bagi pemangku kebijakan.  Kami berharap, media ini menjadi lumbung gagasan yang bisa dimanfaatkan bersama.

Sesuai namanya, Terune, dalam Bahasa Sasak berarti muda. Media ini dikelola oleh sekelompok anak muda yang ingin membagikan ide serta pandangan terhadap realitas sosial yang ada. Sebagian besar pengelola media ini masih berstatus mahasiswa, sebagian kecilnya baru saja menjadi sarjana.

Kami berharap, sedikit ilmu yang kami peroleh dan sebar, akan berdampak besar terhadap kualitas hidup masyarakat. Sebagai anak muda, kami memiliki spirit dan stok tenaga yang panjang untuk mencapai perubahan. Kami percaya perubahan tidak bisa diperoleh dengan waktu dan usaha yang singkat, melainkan ikhtiar dan tekad yang panjang. 

Semoga Terune.id menjadi langkah awal menuju perubahan. Sudah saatnya yang muda yang bersuara.